Kamis, 03 Desember 2015

Segydang Bahaya Merokok Tehadap Tubuh


Segudang Bahaya Merokok Terhadap Tubuh

Assalamualaikum.wr.wb
Jumpa lagi bersama saya disini, di blog saya dengan materi yang berbeda, semoga kalian tidak bosan ya mampir di blog saya :)...
kali ini saya memposting tentang bahaya merokok, yuksss langsung ajaaa !!
1
Berbicara tentang bahaya rokok memang tak pernah ada habisnya. Rokok mengandung banyak sekali racun yang dapat mengancam kesehatan orang disekitar juga perokok itu sendiri. Meskipun dalam bungkus rokok sudah tertulis jelas jika rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, namun seolah orang tak memperdulikan hal itu.

Banyak orang merokok dengan alasan rokok dapat membuatnya lebih tenang. Padahal hal itu sebaliknya, rokok justru meningkatkan resiko yang besar untuk terkena berbagai penyakit serius dan berbahaya. Merokok juga mengancam kesehatan keluarga juga kesehatan orang disekitar anda.

Dalam sebuah batang rokok terdapat sekitar 4000 lebih macam bahan kimia. Dan sebagian besar bahan kimia tersebut bersifat karsinogenik atau mampu menyebabkan kanker. Nahh supaya anda sadar akan bahaya rokok untuk kesehatan, berikut kami berikan 10 racun mengerikan pada sebang rokok yang wajib anda ketahui.

1. Tar
Banyak orang yang tidak tahu jika didalam sebatang roko mengandung tar didalamnya. Ketika rokok dihisap, tar tersebut akan meninggalkan resedu menyebabkan gigi berwarna kuning. Tar juga sangat membahayakan bagi kesehatan paru-paru.
2. Kromium
Kromium merupakan zat kimia yang dapat dijumpai di cata atau logam. Dan jika masuk kedalam tubuh, kromium dapat merusakn DNA seseorang. Yang lebih mengerikan ternyata kromium terdapat pada sebatang rokok.
3. Arsenik
Arsenik merupakan bahan kimia yang dapat merusak pembuluh darah dan jantung. Terlalu banyak arsenik didalam tubuh juga dapat menyebabkan kanker. Selain itu arsenik dalam jangka waktu yang pendek dapat menyebabkan nafas menjadi bau, keringat berlebih, dan gangguan saraf.
4. Benzema
Benzema merupakan zat kimia yang bersifat karsinogen didalamnya. Benzema dapat menyebabkan kanker darah. Benzema juga merupakan zat kimia yang paling sering dijumpai di dalam minyak mentah, dan benzema ternyata juga terdapat di dalam rokok.
5. Formaldehida
Formaldehida merupakan zat yang sering kali membuat orang disekitar perokok menjadi batuk-batuk, selain itu formaldehida juga dapat menyebabkan mata menjadi perih.
6. Amonia
Amonia sering digunakan dalam zat pembersih toilet. Amonia juga terdapat dalam rokok. Fungsi dari Amonia ini adalah membuat nikotin menjadi lebih adiktif. Namun sayangnya amonia dapat merusak organ dalam manusia.
7. Nitrogen oksida
Nitrogen oksida mampu menyebabkan peradangan paru-paru. Jika hal ini terus terjadi, tentu dapat merusak paru-paru. Nitrigen oksida terdapat dalam sebatang rokok. Oleh sebab itu rokok sangat berbahaya sekali terhadap kesehatan paru-paru.

2.      Tubuh seorang perokok
 

3.      Ketika seseorang merokok, nikotin terserap ke dalam darah dan dalam 15 detik kemudian sampai ke otak. Di dalam otak terdapat reseptor alfa4beta2 yang menerima nikotin. Nikotin merangsang reseptor alfa4beta2 untuk melepaskan sejenis zat kimia yang disebut dopamin. Dopamin memberikan sensasi rasa nikmat, tenang, dan nyaman. Saat zat dopamin berkurang, rasa nyaman menghilang dan timbul keinginan untuk kembali merokok dan siklus adiktif/ ketergantungan terhadap nikotin berulang.

   Sedangkan  penyebab seseorang merokok adalah :
·         Pengaruh teman
Kadang ada seorang remaja yang pada awalnya tidak bisa merokok, tapi karena salah bergaul, salah pilih teman, hingga akhirnya teman itu yang memperngaruhi ia untuk merokok. Teman itu yang mengatakan bahwa katanya merokok itu bikin keren, merokok itu kekinian, merokok itu bikin kita jadi dewasa,katanya, padaal jelas gak ada hubungannya.
·         Pengaruh Film
Berawal dari nonton film yang kebanyakan adegannya merokok, lalu kemudian ia merasa bahwa hal itu keren.
·         Pengaruh orang tua
Seorang anak cenderung mengikuti semua yang dilakukan orang tuanya, mengikuti kebiasan orang tuanya. Melihat orang tuanya merokok lalu si anak ini pun tergoda untuk merokok, yang awalnya Cuma coba-coba akhirnya jadi suka dan terbiasa.
·         Kebiasaan
Berawal dari kebiasaan ini lah yang sulit untuk disembuhkan.

5.   Akibat dari merokok

Tentunya setelah kita mengetahui akibat dari merokok, membuat kita bisa sadar diri untuk mengingatkan orang-orang di sekitar kita untuk berhenti merokok, karena efek dari rokok bukan hanya terjadi pada diri sendiri, tetapi juga kepada orang-orang disekitar yang menghirup asap dari rokok tersebut.

nah disini anda bisa melihat power point sederhanya :
https://drive.google.com/drive/folders/0B_D57Gb_Xf7jaW5YZUYyS1psdmM 

Jadi, berhenti lah merokok dari sekarang.
Matikan rokok anda sebelum rokok mematikan anda..
Ingat ya guysss, remaja tanpa rokok itu jauh lebih kereeeennnnn !!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Siti Mulia Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design