Kamis, 11 Agustus 2016

RESEP DAPUR MAMA UNGKEP IKAN TONGKOL

UNGKEP IKAN TONGKOL

Haiiii gaeyssss, selamat malam lama nih nggak ngeblog. Hmmm bingung soalnya mau posting apa. Dan kali ini selama libur kuliah setelah uas yang puanjaaaangg banget, yang tiap hari liburnya Cuma bertapa ajaa dirumah akhirnya aku dapat inspirasii.. yuhuuuuu inspirasi apa coba tebaaaakkk .. ihihii
Dahh langsung aja dehh, inspirasi aku kali ini mau posting resep masakan mama, sesuai judul yang aku tulis kali ini. Resep yang aku tulis untuk yang pertama kalinya ini adalah resep salah satu masakan favorit aku kalo lagi di rumah. Biasanya saat merantau jauh dari mama nyoba masak ini juga, tapiiiii ya rasanya itu loooo gak seenak masakan bundaaa J J emang kata orang bener kalo mama adalah chef yang paling terbaik di dunia JJ duuhh jadi mellow, ah pokoknya masakan mama juaraaa deehhh. Gak percayaaa??? Coba aja sinii ke rumah ku dan cicipin masakan mamah kuu wkkwk, eh gak deeh kejauhan kali yaa kalo kalian harus dateng ke rumah ku dulu buat nyobain resep ini. Jadi kalian coba sendiri aja yaaa di rumah, dengan resep sebagai berikut :

Bahan-bahan :
1.      ( Paling penting ) ikan tongkol
2.      Bawang merah
3.      Bawang putih
4.      Serai
5.      Kunyit
6.      Jahe
7.      Keminting
8.      Lombok
9.      Daun jeruk
10.  Garam
11.  Gula
12.  Penyedap rasa ( peksin ) dikit aja ya
13.  Minyak goreng juga ya buat numis bumbunya
14.  Dan terakhir Air

Nah sekarang lanjuuut ke proses pembuatannya..
Yukss langsung aja :
1.      Yang paling pertama harus kamu lakukan adalah pergi ke pasar dan beli ikan tongkol, wkwk itu pasti yaaaa !! tapii kalo stok ikan tongkol di pasar habis kalian bisa ganti dengan ikan lain, ikan apa aja deh, misalnya ikan nila, ikan mas atau lain sebagainya.
2.      Kemudian setelah kamu pulang dari pasar dan bawa ikan itu ke rumah, bersihkan terlebih dahulu ikan tersebut, terserah deh ikannya mau di potong menjadi berapa bagian.
3.      Setelah ikan sudah terpotong kemudian peras jeruk nipis di atas ikan tersebut, untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Kalau gak ada jeruk nipis bisa diganti dengan asam jawa yaa, tapi aku sih lebih suka pake jeruk nipis yaa, beda sih rasanya menurut ku.


4.      Setelah itu ulek halus bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, keminting, jahe, serai, lombok, kunyit dan beri garam, peksin.

5.      Setelah itu tumis bumbu-bumbu tersebut sampai wangi, setelah wangi masukkan potongan tongkol, tambahkan sedikit air kemudian tutup dan biarkan beberapa menit hingga ikan tongkol mulai empuk. 

6.      Nah setelah selesai proses memasak, ikan tongkol siap dinikmati 



Dan resep ikan tongkol ungkep selesaiiiiiiiii J selamat menikmati ya gaeysss






0 komentar:

Posting Komentar

 

Siti Mulia Sari Template by Ipietoon Cute Blog Design